Ad 468 x 60

Followers

Minggu, 08 April 2012

Browse » Home » »
1.       CX (16 bit), terdiri dari CH (high byte.bit), CL (low byte/8 bit)
Secara spesifik sebagai Counter untuk meletakkan jumlah lompatan pada LOOP yang dilakukan, misal sebagai penunjuk berapa banyak perhitungan  dilakukan. Berfungsi untuk menampung cacah perulangan suatu operasi (loop, string, shift, dan rotate). Register ini dapat dipakai sebagai penyimpan data sementara.

2.       DX (16 bit), terdiri dari DH (high byte.bit), DL (low byte/8 bit)
Secara spesifik sebagai Data juga sebagai register serbaguna yang digunakan sebagai penampung data tertentu (karakter, pointer, penentuan disk). 4 tugas pokok register DX :
·         Membantu AX dalam proses perkalian dan pembagian, terutama perkalian dan pembagian 16 bit
·         DX merupakan register offset dari DS
·         Menunjukkan nomor port pada operasi port
·         Dipakai sebagai penampung sementara data. Dipakai berpasangan dengan register AX, operasi perkalian dan pembagian 16 bit. Pada operasi
·         I/O ke dan dari port, DX menampung port yang akan diakses.

                              AX / BX / CX / DX
 15  14  13  12  11  10  09  08  07  06  05  04  03  02  01  00
 -----------------------------------  ---------------------------------------
        AH / BH / CH / DH                                       AL / BL / CL / DL      

Dari fungsi-fungsi register AX, BX, CX, DX dapat digolongkan sebagai register 'Data' karena kegunaan dan pemanfaatannya yang cenderung ke penampungan data, selain memiliki fungsi spesifik tetapi dapat saling tergantung.

SEGMENT REGISTER
1.       ES (Extra Segment)
Tidak mempunyai tugas, tetapi berguna untuk pemograman pada saat melakukan operasi ke segment lain. Nilai yang dikandung oleh register ini merupakan address yang berguna bagi instruksi-instruksi string. Address dari sebuah segmen tambahan juga dapat disimpan di register ES ini. Processor 80386 selain ES, masih memiliki 2 register extra segment, yaitu FS dan GS.

2.       CS (Code Segment)
Yang menunjuk ke segment adalah register segment, maka CS merupakan . salah satu dari empat register segment. Tugasnya adalah menunjukkan segment program berada. Sedangkan pasangan register ini adalah register IP.Menampung nilai yang merupakan address awal dari suatu segmen. Segmen ini berisi instruksi-instruksi dan operand-operand yang dispesi-fikasikan oleh program.

3.       DS (Data Segment)
Nilai yang ditampung oleh register ini merupakan address dari segmen yang normalnya berisi data-data yang dialokasikan oleh program

4.       SS (Stack Segment)
Address yang berada di register ini berguna bagi instruksi-instruksi yang menyimpan sementara data distack. Stack merupakan sebuah area memory yang dicadangkan untuk penyimpanan data secara sementara.DS dan SS adalah dua register segment yang masing-masing mempunyai tugas menunjukkan segment dari segment data dan segment stack.Pasangan dari DS adalah DX dan pasangan dari SS adalah SP.


POINTER REGISTER
Pointer register secara khusus berfungsi untuk menyimpan nilai offset
dari relative address. Register ini terdiri dari :

1.       IP (Instruction Pointer)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Home | About Us | Privacy | Contact Us
© Copyright 2013 Contoh Media Pembelajaran
Designed by :Templatemaxs | U-sup Blog | Theusup Shopping Toys
Is proudly powered by Blogger.com